Dinsdag 05 Maart 2013

pramuka



 
BOYMAN
kepramukaan
Kepanduan telah berkembang pesat lebih dari  140 negara di dunia. Organisasi-organisasi kepanduan internasional adalah organisasi yang indepnden tetapi biasa bertemu setiap dua tahun sekali dalam Boy Scouts World Conferense. Biro Kepanduan Sedunia (The Boy Scouts World Bureu) berada di Jenewa, Swizerland, berfungsi sebagai sekertariat organisasi.
Kepramukaan adalah suatu permainan yang mengandung pendidikan.
*   Sifat kepramukaan
Resolusi konferensi kepramukaan sedunia pada tahun 1924, bertempat di kopenhagen, Denmark. Menyatakan bahwa kepramukaan mempunyai tiga sifat yaitu :
1.    Nasional, artinya kepramukaan itu diselenggarakan di masing-masing negara disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing negara tersebut.
2.    Internasional, artinya kepramukaan harus dapat mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antar sesama anggota kepanduan (pramuka) dan sebagai sesama manusia.
3.    Universal, artinya kepramukaan itu dapat berlaku untuk siapa saja serta dapat diselenggarakan dimana saja.

*   Fungsi kepramukaan
Fungsi kepramukaan terdiri dari tiga fungsi yaitu :
1.    Merupakan kegiatan yang menarik yang mengandung pendidikan.
2.    Merupakan suatu pengabdian (job) bagi para anggota pramuka yang merupakan tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan dan pengabdian.
3.    Merupakan alat (means) bagi masyarakat, negara atau organisasi, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, alat bagi organisasi atau negara untuk mencapai tujuannya.

*   Istilah gerakan pramuka
Gerakan pramuka adalah nama organisasi yang merupakan suatu wadah proses pendidikan kepramukaan yang ada diindonesia. Sebelum tahun 1961, diindonesian pernah berdiri puluhan bahkan sampai ratusan organisasi kepanduan, seperti misalnya : Pandu Rakyat Indonesia (PRI), Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI), Hizbul Wathon (HW), Pandu Kesultanan (PK), Wira Tamtama, dan masih banyak lagi.
          Nama kepanduan nasional yaitu : Gerakan Pendidikan Kepanduan Praja Muda Karana (GERAKAN PRAMUKA)
          Dinegara lain istilah pandu dan kepanduan serta organisasi-organisasinya berbeda-beda walaupun maksudnya sama. Misalnya :
1.    Di Malaysia, disebut Persekutuan Pengakap Malaysia.
2.    Di Singapura, The Singapore Scout Assosiation.
3.    Di Philipina, Kapatiran Scouting Philifinas.
4.    Di India, The Bharat Scouts and Guides.
5.    Di Aerika Serikat, Boy Scouts of America (BSA).


GERAKAN PRAMUKA
      Kode kehormatan adalah suatu norma atau nilai-nilai luhur dalam kehidupan para anggota gerakan pramuka yang merupakan ukuran atau standar tingkah laku anggota gerakan pramuka. Kode kehormatan di golongan penggalang, terdiri dari dua macam, yaitu :
             I.        Janji (satya) yang berupa Trisatya.
Didalam TRISATYA ada enam kewajiban, yaitu :
1)   Kewajiban terhadap tuhan yang maha esa
2)   Kewajiban terhadap negara kesatuan republik indonesia
3)   Kewajiban terhadap pancasila
4)   Kewajiban terhadap sesama hidup
5)   Kewajiban terhadap masyarakat
6)   Kewajiban terhadap dharma pramuka

Perbedaan trisatya penggalang dewngan trisatya penegak yaitu : jika pada trisatya golongan penggalang tercantum kalimat “mempersiapkan diri membangun masyarakat” maka pada trisatya golongan penegak, kalimat tersebut berubah menjadi “ikut serta membangun masyarakat”.

           II.        Ketentuan moral (dharma) berupa dharma pramuka



KEPRAMUKAAN
Dibawah ini adalah data-data tentang BP (Baden-Powell)
*     Bp dilahirkan di kota London, Inggris, tanggal 22 februari 1857
*     Nama lengkapnya adalah Robert Stephenson Smyth Baden-Powell.
*     Nama kecil dari Baden-Powell adalah Ste,Stephe atau Stephenson (steevie). Dan baru dipanggil Sir Robert, setelah mendapat gelar kesatria dari raja inggris.
*     Ayah Baden-Powwell adalah Prof.Domine Baden-Powell seorang guru besar Geometri di Universitas Oxford, inggris. Beliau menikad dengan Miss Henrieetta Grace Smyth. Seorang putri dari Admiral kerajaan inggris yang terkenal yaitu William T. Smyth.
*     BP dilahirkan dalam sebuah keluarga besar. Bp mempunyai 9 orang saudara, yatu : Warriengton, George, Augustus, Frank, Penrose, Agnes, Henrietta, Jessie, dan Baden Fletcher.
*     Ayah BP meninggal pada tanggal 11 juni 1860. Pada usia 3 tahun Bp telah menjadi anak yatim.


KEPANDUAN & KEPRAMUKAAN

Gerakan kepanduan nasional mempunyai andil yang tidak ternilai dalam sejarah perjuangan kemerdekaan. Jiwa ksatria yang patriotik telah menggantarkan para pandu kemedan juang bahu membahu dengan para pemuda untuk mewujudkan  adi cita rakyat indonesia dalam menegakkan dan memendegani negara kesatuan republik indonesia selama-lamanya.
*      Kepanduan siaga dilahirkan pada tahun 1916, dengan ilustrasi kegiatannya dimbil dari buku yang terkenal karya Rudyard Kipling “The Jungle Book”.
*      Dua tahun kemudian, pada tahun 1918, Bp mendirikan kepanduan untuk golongan penegak (Rover Scouts).
*      Bp menulis buku untuk para pembina , yaitu pada tahun 1914 sampai tahun 1919.













Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking